Kamis, 24 Mei 2012

essay teori organisasi


I.     Essay Teori Administrasi

Sumber yang paling penting di dalam setiap organisasi adalah manusianya. Pernyataan ini sering muncul dalam laporan tahunan dan laporan mengenai misi suatu perusahaan. Orgainisasi adalah sekumpulan orang – orang yang bekerja sama untuk mengerjakan sesuatuorganisasi yang bertujuan untuk menghasilkan barang ataupun jasa yang mempunyai kesempatan baik, untuk bertahan dan mengembangkan kualitas. Sumber daya manusia yang baik mampu menunjukkan tujuan dan Visi, Misi yang jelas dalam suatu organisasi.
Sumber daya manusia merupakan harta yang paling penting. Demikian juga dengan karyawannya haruslah mempunyai kualitas dan kuantitas yang baik, sumber daya manusia mempunyai potensi tinggi karena peran karyawan sangat mendukung didalam perannnya suatu perusahaan.
Dalam suatu organisasi yang pling dinilai adalah kinerja nya, sebagai berikut kinerja organisasi yaitu:
a.       Efektivitas dan efisiensi
Bila suatu tujuan tertentu akhirnya dapat dicapai, kita boleh mengatakan bahwa kegiatan tersebut efektif. Tetapi bila akibat-akibat yang tidak dicari dari kegiatan mempunyai nilai yang lebih penting dibandingkan dengan hasil yang dicapai sehingga mengakibatkan ketidak puasan ataupun efektif, hal ini disebut tidak efisien. Sebaliknya bila akibatnya yang tidak dicari-cari tidak penting atau remeh, maka kegiatan itu efisien.
b.      Otoritas dan Tanggung Jawab
Dalam organisasi yang baik wewenang dan tanggung jawab telah disebar dengan baik, tanpa adanya tumpang tindih tugas. Masing-masing peserta organisasi mengetahui apa yang menjadi haknya dan tanggung jawabnya dalam kerangka organisasi mencapai tujuan. Kejelasan wewenang dan tanggung jawab setiap peserta dalam suatu organisasi tersebut.
c.       Disiplin
Secara umum disiplin adalah taat kepada hukum dan peraturan yang berlaku. Sedangkan disiplin karyawan adalah ketaatan karyawan bersangkutan dalam menghormati perjanjian kerja dengan perusahaan dimana ia bekerja. Disiplin berkaitan erat dengan sanksi yang perlu dijatuhkan kepada pihak yang melanggar, dalam hal seorang karyawan melanggar peraturan yang berlaku dalam organisasi perusahaan, maka karyawan bersangkutan harus sanggup menerima hukuman yang telah disepakati. Masalah disiplin para peserta organisasi baik dia atasan ataupun bawahan akan memberi corak terhadap kinerja orgaisasi.
d.      Inisiatif
Inisiatif para peserta organisasi merupakan energi bagi organisasi dalam mencapai tujuan. Inisiatif seseorang (atasan atau bawahan) berkaitan dengan daya pikir, kreatifitas dalam bentuk ide untuk merencanakan sesuatu yang berkaitan dengan tujuan organisasi. Setiap inisiatif sebaiknya mendapat perhatian dan tanggapan positif dari atasan, tanpa memberikan penghargaan berupa argumentasi yang jelas dan mendukung, menyebabkan organisasi akan kehilangan energi atau daya dorong untuk maju.dengan perkataan lain inisiatif peserta organisasi merupakan daya dorong kemajuan yang akhirnya akan mempengaruhi kinerja organisasi yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar